HOME
Home » Tips » 3 Jalan Hijrah yang Bisa Diamalkan Seorang Muslim

3 Jalan Hijrah yang Bisa Diamalkan Seorang Muslim

Posted at November 26th, 2021 | Categorised in Tips

Hijrah. Kata ini sekarang lagi ngetren. Sebuah jalan bagi seorang muslim untuk menjadi pribadi yang lebih baik.  Di event hijrah festival misalnya, berbondong-bondong anak-anak muda milenial, begitu juga pasangan muda muslim hadir. Saling bersilaturahmi, mendengarkan beragam kajian dan talkshow keIslaman. Juga beragam produk-produk Islami dan halal diperkenalkan.

Beragam jalan hijrah ditempuh oleh mereka. Dari pengamatan sepintas, ada beragam jalan hijrah yang bisa diamalkan oleh seorang muslim. Diantaranya, seperti berikut ini:

Pertama, hijrah pemikiran. Ini terkait dengan mindset (pola pikir). Dari yang semula abai terhadap ajaran agamanya, kini mulai akrab dengan ajaran Islam. Menjadikan Islam sebagai titik tolak pemikiran, bukan pengalaman pergaulan maupun lingkungan yang menjadi referensinya.  Bagaimana Islam mengajarkan, Itulah titik balik hijrah seseorang. Mereka mulai berpikir untuk menjadikan Islam sebagai referensi utama mereka dalam beragam pemikiran yang berkecamuk. Menjadikan Islam sebagai fikrah utamanya, bukan yang lain.

Kedua, hijrah perilaku. Jika sudah tertanam nilai-nilai Islam dalam dirinya, maka jalan selanjutnya adalah perilaku. Mungkin selama ini misalnya seorang muslim sudah salat, tapi lebih banyak salat sendirian di rumah saja. Lantas, spirit hijrah membawanya menjadi lebih baik. Bagi seorang lelaki muslim yang berhijrah, mulai melangkah ke masjid untuk salat secara berjamaah. Ini sebagai contoh kecil saja.  Begitu juga misalnya, bagi yang masih suka merokok, akhirnya bisa meninggalkan kebiasaan tak baik itu

Ketiga, hijrah penampilan. Ini tak kalah penting. Ada yang sebelumnya bertato, kemudian mencoba menghapus tatonya sebagai komitmen perubahan. Ada muslim yang suka memakai celana sobek di lututnya lantas pelan-pelan meninggalkannya karena jika dipakai salat dan lutut terlihat menjadi tidak sah. Begitu juga para perempuan muslimah memakai jilbab sebagai jalan untuk melaksanakan kewajiban dalam agama.Selanjutnya, misalnya tak memakai jilbab pendek yang memperlihatkan leher mereka, tapi kemudian memakai jilbab panjang (lebar) yang tentu saja lebih syar’i

Itulah 3 jalan hijrah seorang muslim. Mungkin, belum sempurna. Tak masalah sebab hijrah adalah sebuah proses. Terus berjalan, terus melangkah menuju jalanNya adalah sebuah jalan menuju kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Selamat berhijrah, semoga istiqomah.

(ZAIDAN NAFIS/ADABINEWS.COM).

No comment for 3 Jalan Hijrah yang Bisa Diamalkan Seorang Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published.