HOME
Home » Berita » Muslimat NU dan Rumah Berkah Gelar Khitanan Massal

Muslimat NU dan Rumah Berkah Gelar Khitanan Massal

Posted at August 28th, 2022 | Categorised in Berita

DEPOK—Pimpinan Anak Ranting Muslimat NU(Nahdlatul Ulama) bekerja sama dengan Yayasan Rumah Berkah Nusantara, menggelar kegiatan Khitanan Massal untuk Anak Yatim dan Anak Dhuafa. Sebanyak 21 anak yang ikut kegiatan khitanan massal ini.

Ketua PAR Muslimat NU Anak Ranting RW 15 Kel. Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Kota Depok, Siti Fadlilaturrif’ati mengungkapkan, selain dengan Yayasan Rumah Berkah Nusantara, kegiatan khitanan massal ini juga berkolaborasi dengan Yayasan Satria Hidayah Medika (Yashika).

“Alhamdulillah, sebanyak 21 anak yatim dan anak dhuafa turut hadir pada kegiatan sosial ini,’ ujar Fadila, sapaan akrabnya, Ahad (28/8) di Depok.

Lebih lanjut Fadila menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan apresiasi kepada anak yatim serta anak dhuafa. Selama ini, ujarnya, banyak anak yatim dan anak dhuafa yang berkeinginan untuk melakukan khitan, namun mereka terbentur dengan biaya yang besar.

“Sehingga mereka tidak jadi berkhitan karena orang tua atau para pengasuh anak yatim tidak memiliki dana yang cukup untuk melaksanakan khitan,” ungkapnya.

Hal ini terbukti dengan adanya sejumlah anak yatim dan dhuafa pada kegiatan khitanan massal ini. Fadila mengungkapkan, ada anak yang duduk di bangku SMP kelas 9 namun belum dikhitan. “Saat kita tanyakan, ternyata orang tua atau bahkan pengasuhnya belum memiliki dana yang cukup untuk mengkhitankan mereka,” ujarnya.

Atas dasar tersebut, kata Fadila, pihaknya berharap ke depan tidak terjadi lagi hal seperti ini dikarenakan terbatasnya akses mereka untuk berkhitan. Pihaknya bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang memberikan dukungan penyelenggaraan khitanan massal ini.

“Kepala lingkungan RW 15, PAC Muslimat NU Pancoran Mas, Yashika, dan juga Yayasan Rumah Berkah Nusantara serta pada donator yang peduli dengan kegiatan ini sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik,” terangnya.

Fadila menambahkan, pada kegiatan khitanan massal ini, sebagai bentuk apresiasi kepada para anak yatim dan anak dhuafa, selain dengan mengkhitankan, mereka juga mendapatkan sejumlah buku dan uang tunai.

“Selain itu, para anak yatim dan anak dhuafa yang dikhitan mereka dihibur oleh Kak Taufan dan Chicko, si boneka lucu,” paparnya.

Selain dihibur oleh Kak Taufan dan Chicko, para anak yatim dan dhuafa itu juga diarak keliling komplek Pelita Air Service dengan menggunakan mobil odong-odong. “Alhamdulillah, senang sekali rasanya melihat kebahagiaan mereka telah dikhitan,” ujar Fadila.

Salah seorang anak yang dikhitan, Danis, mengaku senang dengan khitanan ini. “Alhamdulillah, bisa ikut khitan. Senang dengan Kak Taufan dan Chicko dan keliling komplek,” ujar Danis.

Ketua RW 15 Kel. Rangkapan Jaya Baru, H Riyo menyampaikan apresiasi kepada Muslimat NU Anak Ranting RW 15, Yayasan Rumah Berkah Nusantara dan Yayasan Satria Hidayah Medika. “Sebagai pengurus lingkungan, kami menyambut baik kegiatan khitanan massal ini,” ungkap H. Riyo.

“Kami berharap kegiatan ini bisa rutin diagendakan dan ke depan bisa lebih besar lagi,” kata pensiunan marinir ini.

Ketua PAC Muslimat NU Pancoran Mas, Hj Siti Hasanah menyambut gembira kegiatan khitanan massal ini. “Kegiatan sosial yang positif ini harus selalu digiatkan agar makin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dengan keberadaan organisasi Muslimat NU, Yayasan Rumah Berkah, dan Yashika,” terangnya.

Ketua Umum Yayasan Rumah Berkah Nusantara, Ust. H. Syahruddin El Fikri menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya memberikan kontribusi positif bagi lingkungan. “Kegiatan khitanan massal ini merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang diselenggarakan Rumah Berkah. Kami berharap, ke depan lebih banyak lagi kegiatan sosial yang langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat,” jelas Syahruddin.

(Yons Achmad/ADABIMAGZ.COM)

No comment for Muslimat NU dan Rumah Berkah Gelar Khitanan Massal

Leave a Reply

Your email address will not be published.